Cathar Edisi Idul Qurban (part 2)

Saturday, December 13, 2008


Anugrah itu Bernama Kebersamaan

Sesuai jadwal, peta perjalanan hari kedua lebaran Idul Adha 1429 ini adalah ke Muqattam, mengambil daging di rumah Syeikh Muhammad Khalid Tsabit, pemilik percetakan Darul Muqattam. Tradisi semacam ini memang sudah menjadi sunnah tahunan beliau, menyembelih kurban dan membagi-bagikan dagingnya kepada para mustahiq (penerima daging kurban). Tak pernah ketinggalan, kami, grup Hadrah PCINU Mesir yang setiap bulannya selalu menghadiri halaqah maulîdiyyah (pembacaan sholawat atas Nabi) di rumah beliau, pun turut kebagian daging kurban.

Kali ini aku dan Wawak yang akan mengambil daging itu, lalu dibagi-bagikan kepada teman-teman grup Hadrah. Sedianya kami berniat untuk berangkat tepat setelah Dzuhur. Namun karena satu dua hal sehingga menyebabkan keberangkatan kami tertunda, hingga pukul 1 siang.

Kami keluar dari flat menuju halte Musallats untuk menunggu angutan jurusan Hay Sabi’ (Kampung Tujuh). Pada hari-hari biasa kami akan dengan mudah mendapatkan angkutan ke arah Sabi’. Namun kali ini ternyata tidak semudah biasanya. Kami menunggu cukup lama di halte. Meskipun demikian, kami tak merasa bosan karena ada kamera milik Yanto yang masih aku pinjam. Lalu aku sempatkan mengambil potret langit mendung yang siang itu menyelimuti bumi. Hari ini tak jauh beda seperti hari sebelumnya. Langit gelap karena matahari tertutup awan hitam. Semoga nanti turun hujan. Agar aku bisa mengabadikan rintikan-rintikan air langit yang sangat jarang membasuh bumi ini.

Beberapa angkutan melena di hadapan kami dengan penuh sesak. Tak ada tempat duduk kosong yang bisa menampung kami. Tak lelah kami terus mengacungkan jari tengah dan jari telunjuk (sebuah isyarat untuk menunjuk angka tujuh, karena kami hendak menuju Kampung Tujuh) tatkala ada angkutan yang datang.

Setelah beberapa saat, akhirnya ada juga angkutan jurusan Sabi’ yang melaju pelan menghampiri kami, namun hanya menyisakan satu kursi. Ah, dilematis! Jika tak naik maka kami akan semakin telat. Tapi jika naik tinggal tersisa satu kursi. Tak berfikir panjang dan kamipun naik angkutan itu. Wawak menuju kursi paling belakang, sementara aku berdesakan dengan penumpang yang duduk di bangku dekat pintu. Tak apalah, yang penting sampai, meskipun rada capai.

Sesampai di Sabi’, kami segera mencari angkutan jurusan pasar Muqattam. Kami langsung dapat, naik, angkutan penuh, melaju, dan sampailah kami di sana. Perjalanan kami belum final, karena masih harus berganti angkutan lagi jurusan Sayyidah Aisyah untuk dapat turun di depan Masjid al-Quds. Adapun rumah Syeikh Khalid terletak di sebelah masjid Quds.

Kami naik angkutan jurusan Sayyidah Aisyah dan sampailah ke tujuan. Baru turun dari angkot, dari kejauhan kami melihat tiga sosok laki-laki yang tak asing lagi. Mereka adalah para aktivis Said Agil Shirat Center (SAS center) PCINU Mesir yang juga mengambil jatah daging. Mereka memang telah lama menjalin kerjasama dengan Syeikh Khalid dalam hal penerbitan. Kami saling bertutur sapa secukupnya, lalu aku dan Wawak langsung menuju pintu gerbang.

Setelah kami dipersilahkan masuk ke ruang tamu, tak lama kemudian Syeikh Khalid datang dengan membawa dua kantong plastik daging. Satu kantong berisi 6 Kg dan satunya lagi berisi 4 Kg. Berarti total jatah untuk teman-teman Hadrah ada 10 Kg.

Di ruang tamu yang berukuran cukup luas itu kami sempat berbincang-bincang dengan Syeikh Khalid. Ketika kami mengatakan bahwa saat ini kami sudah tingkat terakhir di Universitas al-Azhar, beliau menanyakan apakah kami hendak melanjutkan ke jenjang S2 atau tidak. Kami berdua menggelengkan kepala. Namun aku sempat menjelaskan, bahwa aku masih ada keinginan untuk melanjutkan, namun kesemuanya tergantung orang tua di Indonesia. Percakapan pun berlanjut ke sana ke mari, hingga adzan Ashar berkumandang. Kamipun segera pamit undur diri mengingat Syeikh Khalid nampaknya juga masih banyak kesibukan.
...

Sekitar pukul 15.30 kami sampai di rumah. Di sana telah ada beberapa kawan Misykati berkumpul. Melihat ada beberapa kawan, aku berinisiatif untuk mengajak mereka bakar sate bersama. Rencana ini memang sudah terngiang jauh-jauh hari sebelum hari raya. Pada saat itu, daging yang ada hanya 2 Kg, yaitu jatahku dan jatah Wawak. Sementara 8 Kg lainnya harus dibagikan ke seluruh anggota Hadrah. Tak mengapa, 2 kilo sudah cukup banyak jika dibuat sate.

Setelah sejenak berunding, merekapun sepakat untuk nyate. Kemudian kami membagi tugas. Fuad, ketua Misykati (Keluarga Alumni MAKN/MAPK Solo), siap untuk mencari arang dan tusuk sate yang keduanya harus dibeli di toko. Aku dan beberapa kawan menyiapkan tempat pembakaran sate, yaitu di balkon, dan menyiapkan beberapa perlengkapan lainnya. Sementara Nashif (anggota Misykati yang tinggal di Katamea) dan beberapa kawan, memotong-motong daging dengan ukuran standar sate.

Kami sepakat untuk mulai pe-nyate-an setelah Maghrib. Jujur pada saat itu sebenarnya kondisi tubuhku sangat capai dan panas dingin. Sebab sejak dua hari sebelumnya aku sudah diserang flu. Namun demi sebuah kebersamaan aku menghiraukan rasa sakit dan capai, dengan turut serta dalam proses nyate.

Momen seperti ini bagiku sangat mahal. Beberapa kawan seangkatan ketika masih di Madrasah Aliyah Solo berkumpul di rumahku, yang tiada lain adalah sekretariat Misykati. Dengan seperti ini kita bisa kembali bernostalgia bahkan bernostalgila, mengingat masa-masa di asrama. Tentang kekonyolan kami, tentang kisah asmara, dan segala hal yang membuat suasanya semakin seru dan bersemangat.

Aku membakar arang di atas kompor gas terlebih dahulu, sebelum akhirnya kupindahkan ke sebuah tempat yang disiapkan untuk pembakaran. Sebab tentunya akan sangat sulit jika menyalakan arang menggunakan korek api. Atau jika menggunakan minyak gas, akan menimbulkan bau tak sedap pada daging. Itulah jalan satu-satunya yang terbaik. Dengan sabar aku membakar arang sedikit demi sedikit, hingga akhirnya terkumpul dan siap untuk pakai.

Nashif dan beberapa kawan yang bertugas memotong dan menusuk daging juga telah siap. Aku menyiapkan bumbu sate, yaitu potongan bawang merah, cabai, tomat, dkk, yang dicampur dengan kecap ABC asli Indonesia. Setelah itu mulailah proses nyate.

Nampaknya kurang lengkap jika hanya ada sate. Karena kebetulan ada tambahan rizki daging dari seorang teman, kamipun bermaksud membuat gulai sebagai pelengkapnya. Qodir, anggota Misykati yang juga Direktur Griya Jawa tengah, dengan sigap merebus sisa daging lainnya. Akupun siap untuk meracik bumbunya.

Maka malam hari itu lengkaplah hidangan lebaran Idul Adha. Mengingat porsi yang ada cukup banyak, kami mengundang kawan-kawan Misykati lainnya yang tinggal tak jauh dari sekretariat. Dan, malam hari itu adalah sebuah anugrah yang berlipat ganda. Selain mendapatkan anugrah daging kurban, kamipun dapat mengeja kebersamaan. Menyukuri selaksa nikmat yang senantiasa mengucur dari langit, begitu deras dan tak pernah putus. Betapa suasana seperti inilah yang nantinya pasti meninggalkan kesan mendalam, menimbulkan rasa rindu kepada teman. Seseorang yang pernah berjuang bersama, seseorang yang pernah membagi duka dan bahagia.

Benar jika ada yang mengatakan, bahwa sesuatu akan terasa sangat berharga ketika ia justru telah jauh dari kita. Sungguh, betapa anugrah dari Tuhan begitu agung, luas, dan tak pernah terhitung jumlahnya.[]

Kampus biru Misykati; Selasa, 9 Desember 2008

0 Komentar: