Kado Pahit Menjelang Ujian

Thursday, January 08, 2009

Betapa skenario Tuhan begitu cepat berubah-ubah. Meletup-letup seperti hendak menggoyahkan sabarku. Menggempur pertahanku yang telah aku pupuk guna menghadapi pertempuran di medan ujian. Baru beberapa kejap aku serasa mendapat siraman cahaya hangat di balik udara dingin kota ini. Aku yang rindu kejutan-kejutan tak terduga meski walau beberapa baris kata. Ya, meskipun dalam kadar yang berbeda, tapi aku tetap menganggap itu istimewa. Bagiku, apapun status yang saat ini telah Tuhan titahkan untuk aku dan dia, tak ada bedanya. Bagiku dia tetap sama: tercipta untuk istimewa.

Duh, begitu Kuasa Engkau wahai Robb-ku. Engkau ganti siraman cahaya itu dengan petir dan kilat yang menyambar-nyambar, menyayat perih hatiku. Duhai, apa hendak dikata jika ini takdir-Mu. Apa hendak kubela jika ini hukum-Mu. Aku menyerah, Tuhan! Aku masih begitu sayang untuk menerima ini semua. Tak bolehkan aku menganggapnya tetap istimewa? Sebagai teman, sebagai sahabat! Bagiku itu cukup. Tapi mengapa musti ada coba? Hatiku tak cukup kuat untuk bersabar. Tak ada benci yang ingin kutanam. Tak dendam yang ingin kubalaskan. Aku telah berusaha menerima, Tuhan! Tapi mengapa, tiba-tiba ada ultimatum bernada ‘ancaman’? Oh, jika itu bermakna garis pemisah, tapal batas yang telah Engkau buatkan demi kebaikan aku dan dia, baiklah akan aku terima.

Tuhan, aku tak sedikitput ingin protes pada-Mu. Sebab aku yakin, semua yang aku terima dari setiap skenario ini adalah pilihan terbaik-Mu untukku, untuknya. Maka Tuhan, meski demikian pahit aku mengunyah barisan kata itu, aku terimakan dengan segenap kesadaran. Aku memang tak boleh berharap lebih banyak lagi untuknya. Dan bukankah aku memang tak banyak berharap lagi padanya!? Aku hanya ingin menjaga hatiku, agar sepahit yang kurasa, dia tetap menjadi sahabatku! Itu saja!

Satu lagi Tuhan. Tolong sampaikan padanya, terimakasih untuk sepucuk kado pahit hari ini. Saat ini memang terasa pahit bagiku, semoga hanya sesaat, dan esok rasa itu berubah manis. Bagaimana caranya? Berikanlah yang terbaik untuknya, jagalah ia sebagaimana mestinya. Hapuslah cintanya yang pernah ada untukku. Agar dia bahagia. Agar tak ada lagi aku yang setiap saat mengusik hatinya. Hapuslah, hapuslah...!

Adapun aku, biarlah Tuhan, akan aku jalani proses ini, sebagai tangga menuju ridlo-Mu. Amin!

Menjelang buka puasa di hari Kamis, Kairo, 8 Januari 2009.
PS: Untuk seseorang, terima kasih SMS-nya. Semoga dengan itu aku semakin giat berdo’a; mengharap ketabahan dan kesabaran dari-Nya.

0 Komentar: