Bedah Novel "Ayat-ayat Cinta"??

Thursday, February 08, 2007

Catatan Satu Pekan Yang Mengesankan, Melelahkan dan Mengharukan [1]
[1 Februari 2007 ]


Hari pertama di bulan ke dua tahun ini nampaknya cukup bermakna bagi sebagian Masisir (Mahasiswa Indonesia Mesir). Pasalnya, pada sore hari ini, bertempat di Auditorium Kulliyah Thib, Universitas al-Azhar Kairo, oleh PMIK (Perpustakaan Mahasiswa Indonesia Mesir) digelar Bedah Novel “Ayat-Ayat Cinta” yang dihadir langsung oleh penulisnya, Habiburrahman el Saerozy, di sela-sela kunjungannya ke Kairo bersama rombongan IKAPI dalam rangka International Book Fair ke-39. Bagi para penikmat dan pecinta “Ayat-ayat Cinta”, tentunya acara ini cukup menarik dan mengesankan.

Kang Abik, dalam “Ayat-ayat Cinta”-nya memang cukup fashih dalam mengeksplorasi setting cerita yang berlokasi di Mesir itu. Sedikit atau banyak, para pelajar Indonesia yang baru saja menginjakkan kakinya di bumi mesir ini mengaku bahwa, ketertarikan dan kebulatan tekadnya untuk hijrah ke Mesir terbentuk setelah membaca AAC. Terlebih bagi para mahasiswa yang memang sebelumnya sudah ada niatan untuk ke Mesir, AAC cukup memberikan kesan penasaran dan dorongan rasa ingin membuktikan, bagaimanakah keadaan yang sejatinya di Mesir.

Tentu saja tendensi dan ketertarikan itu berbeda-beda antara yang satu dan lainnya. Mungkin ada yang ingin membuktikan betapa menarik hubungan asmara yang digambarkan dalam AAC. Mungkin ada juga yang penasaran dengan al Azhar, tahfidz qur’an, dan para guru serta masyayikh yang keren-keren, sebagai salah satu bagian isi AAC. Atau bahkan mungkin ada yang juga yang terobsesi untuk meneliti seputar pemerintahan mesir, khususnya militer yang begitu ganas, (hii…mungkin gak ya??takuut dehh!!).

Sebenarnya aku punya rencana untuk menghadiri acara ini. Namun sayang, akibat ada urusan lain yang lebih mendesak, akupun tak jadi menyaksikannya. Aku masih harus menyelesaikan tugas reportase dari acara hari sebelumnya, peringatan Harlah NU ke 81 dan juga bersilaturrahmi ke penginapan temen dari Indonesia yang sedang melakukan observasi di Kairo. Aku, bersama beberapa teman satu almamater bincangbincang dan ngorol santai di penginapan tersebut sampai agak larut malam, lalu pulang. Ngantyuk dech..!!!Bobo’ dulu!

2 Komentar:

dianika said...

deuuh... baru rupanya ya settingnya ya
Bagus tuh Luth..
ini bagus juga tulisannya
lebih ok lagi klo ada review ttg AAC tuh...

M. Luthfi al-Anshori said...

hehehe, iya nih mba'.sebelum ujian datang, nganyari wajah baru.hemm...makasih deh komentarnya, but kalo soal review AAC ntar2 dulu deh.untuk saat ini mo belajar dulu.hehe.mohon do'anya ya mba'.